Berbagi Cerita Kecerdasan Lashira

Assalamualaikum Moms..

Sebelumnya Mama Lashira mau ucapin terimakasih untuk semua yang sudah membaca tulisan Mama Lashira sebelumnya, terimakasih untuk support, komentar positif dan masukannya. Nah, kali ini Aku mau menceritakan atau berbagi pengalaman aku. Apa aja sih usaha yang aku lakukan untuk Lashira, karena "katanya" Lashira itu anak yang cerdas (Terimakasih untuk semua ucapannya semoga menjadi doa untuk Lashira). Nah aku pernah janji di salah satu feed instagram aku kalau aku mau berbagi cerita hal apa saja yang aku Lakukan atau stimulus apa yang aku berikan ke Putri cantikku Lashira.

Tapi sebelumnya aku mohon maaf dalam tulisan aku ini tidak bermaksud menggurui ataupun merasa paling benar dalam mengurus anak, karena pada dasarnya setiap Ibu pasti punya cara yang terbaik untuk mendidik anak-anaknya. Di tulisan ini Mama Lashira hanya berbagi cerita dan pengalaman. Jadi, ini dia yang Aku lakukan :

1. Doa

Kok doa sih?? Ya, ini yang pertama aku lakukan sejak aku mengetahui ada janin didalam rahimku. Sama seperti Ibu pada umumnya, Akupun mendoakan segala yang terbaik untuk janinku, berdoa agar dia tumbuh dan sehat, lahir dengan sempurna, kelak menjadi anak yang soleh/soleha dan aku memiliki doa yang sangat aku inginkan. Aku berdoa kepada Allah disetiap selesai shalatku dan kala di sela-sela istirahat sambil mengelus perutku, Aku berkata bahwa aku ingin sekali memiliki anak yang Cerdas. Aku berdoa agar anakku cerdas seperti Papanya hehe (Jangan Ge Er ya Papa kalau baca) 😀 

Doa yang tulus pula yang pada akhirnya akan didengr oleh Allah SWT. Syukur Alhamdulullah Allah mengabulkan segala doa terbaikku untuk Putri kecilku Lashira.

2. Memberikan Nama yang Baik

Aku sangat percaya bahwa nama adalah doa yang terbaik yang diberikan orang tua untuk buah hatinya. Selama hamil Lashira aku tuh paling rewel kalau kontrol selalu tanya jenis kelamin, haha karena aku mau cari nama yang cocok buat anak aku. Dan setiap kontrol dokter selalu bilang bahwa janinku jenis kelaminnya perempuan. Nah karena selama hamil Lahira aku kebanyakan bedrest jadi kerjaan aku tuh dikasur cuma sama Hp, biasanya aku iseng-iseng mulai searching cari nama anak perempuan hehe Yang aku sering cari di google adalah "Nama Anak Perempuan artinya Cerdas" hahaha muncul lah jeng jeenggg... akhirnya aku pilih Lashira. Aku sering banget bilang ke suamiku kalau aku mau punya anak namanya Lashira, awalnya dia belum acc, dia malah nyuruh aku cari nama-nama nanti dia yang seleksi. Aku mulai bikin list nama-nama anak perempuan, sampai tibalah anakku Lahir dan belum di Acc juga itu nama. Setelah 2 hari di RS Suster bilang bahwa harus dikasih nama karena ingin membuat surat keterangan lahir untuk membuat akte kalau tidak salah. Langsung deh panik kan Suami, aku tetep kekeh kalau mau nama Lashira aku  bilang ke suamiku karena aku mau menjadikan nama itu doa untuk dia, aku ingin Lashira tumbuh menjadi anak yang cerdas. Nah ACC dehh akhirnya ditambah denga 2 buntut nama lagi. Ini dia nama Lashira beserta artinya :


Lashira

Alzan


Mafaza

Nama Putri kami adalah Lashira Alzan Mafaza, semoga nama yang Mama dan Papa berikan untuk Lashira akan menjadi doa terbaik dari Mama dan Papa. (Aamiin)

3. Membacakan Ayat-Ayat Alquran, Mendengarkan Murottal dan Musik Klasik

Hasil dari membaca, bertanya dan mencari tahu (semoga aja ini gak sok tau ya hehe) Mendengarkan lantunan Ayat Suci Al-Quran dan Musik Klasik dapat merangsang otak anak bahkan dari dia masih dalam kandungan atau Janin. Jadi, selama hamil Lashira entah mengapa Mama Lashira jadi soleha banget kerjaanya ngaji mulu hihi (Bagus lah ya Alhamdulillah, apa harus hamil mulu nih biar rajin ngaji? 😜) dan setiap mau tidur biasa aku selingin kadang dengerin Murottal dan kadang Musik Klasik, itu jadi kebiasaan gak bisa tidur kalo gak dengerin itu dulu. Apalagi kalau dulu lagi pendarahan, salah satu cara aku menenangkan diri yaitu dengan dengerin Murottal kayanya Lashira dalam kandungan langsung anteng gitu. Semoga metode ini benar - benar bermanfaat ya untuk melatih perkembangan otak anak.

4. Memberikan Asupan Makanan yang bergizi

Sebenarnya bukan hanya memberikan tapi aku juga belajar mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dulu aku waktu pas hamil sering banget konsumsi makanan yang mengandung Asam Folat dan Protein. Aku dulu suka makan Ikan Salmon dan ikan-ikanan lainnya, Buah Alpukat, Telur, Brokili, dll (Paling sering makan ikan Salmon, jadi kadang aku bikin buat cemilan aku gitu aku goreng tepung. Nah aku juga suka minum susu, kebanyakan kasus para ibu hamil adalah tidak suka minum susu karena mual. Jadi, aku dulu minum susu apa aja yang aku suka, karena aku sama sekali gabisa minuum susu hamil, bawaanya mual banget, nah kalian yang kaya aku coba deh minum susu lain yang kalian suka bisa susu UHT atau apapun yang penting kalian minum susu. Aku juga paling rajin minum vitamin dari dokterku, aku gak pernah absen sampai lahiran Lashira, saking semangatnya aku ingin Janinku tumbuh dengan baik dan sempurna, terkadang mual mau minum vitamin kan, aku tahan aja (gimanapun caranya harus ketelen itu vitamin setiap hari. Dulu Vitaminku ada 3 (Folavit, Osfit DHA dan ProLacta DHA for Mother).

Setelah Lashira lahir, aku masih lanjut konsumsi makanan makanan bergizi karena aku menyusui Lashira, aku mau apa yang Lashira minum adalah makanan yang terbaik dari yang aku makan, setelah Lashira memasuki usia 6 bulan sudah waktunya dia makan sendiri. Ini bagian yang paling aku tunggu-tunggu, karena aku suka masak jadi aku ngerasa seneng banget bisa bikin makanan untuk Lashira, kalian bisa liat di highlight instagram aku yang "MPASI' atau kalin bisa klik link ini : https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE4MDQ2ODgxOTMxMDQ0MjM5 Nah kaya gitu contohnya, aku jadi masak sendiri MPASI untuk Lashira, aku bikin makanan 4 bintang untuk Lashira. Aku juga selalu nyetok Salmon untuk Lashira (kadang kalo lagi bokek dibela belain yang penting Lashira makan salmon. Mamanya makan telur haha 😀)


Bahan Makanan MPASI Lashira

5. Mengajarkan Lashira Untuk Cinta dengan "Buku" Sejak Dini

Berawal dari niat tulus Mama Lashira ingin agar anaknya tidak seperti dirinya hehe (lebay banget ya). Aku mau mengajarkan anak-anakku cinta membaca, suka pada buku karena benar buku adalah jendela dunia, aku mau belajar dari pengalamanku kalau jujur aja aku tuh gak suka membaca orangnya makanya wawasan aku kurang (akhirnya ngaku kan 😋) Aku mau mengajarkan Lashira agar dia Pintar seperti Papanya, Papanya Lashira suka membaca, dia punya koleksi buku-buku beda banget sama istrinya sukanya nonton Drakor hihi

Dari aku hamil Lashira aku udah beliin dia buku, karena aku suka banget ngrobrol sama Lashira sejak dia masih dalam rahimku, aku suka cerita misalnya : Hallo dedek hari ini Mama beliin kamu buku nih, kamu nanti kalau sudah besar harus suka baca buku ya biar kamu jadi anak yang cerdas (sesekali Lashira memberikan isyarat dalam tendangan kecil didalam perutku) Sampai akhirnya hingga sekarang Lashira tumbuh menjadi anak yang cinta dengan buku. 

Buku Pertama Lashira

Kalian bisa liat video ini, ini Lashira usia, di video ini Lashira usia 12 Bulan dan dia bisa menjawab pertanyaan Mama nya seolah - olah kaya menjawab angka dan warna yang Mamanya tanyadi Buku :


Lashira menjawab menyebutkan angka di Buku pakai bahasa bayi 


Lashira menjawab menyebutkan warna  di Buku pakai bahasa bayi 

6. Mengenalkan Flash Card Sejak Dini

Nah ini salah satu metode ampuh untuk mengasah daya ingat anak. Lashira hafal nama-nama tumbuhan, nama-nama hewan melalui Flash Card. Daya ingat Lashira juga tumbuh pesat banget semenjak aku pakai metode bermain menggunakan Flash Card ini. Pada usia 1 tahun Lashira sudah bisa menangkap memberikan respon yang sesuai dengan yang dia hafal. Kalian bisa lihat di postingan aku ini : https://www.instagram.com/p/B02GpVMlRE3/

Dan dengan bermain Flash Card juga membuat dia semakin cepat berbicara, karena medengar Aku ataupun Teteh Ai (Teteh yang menjaga Lashira dulu) mengucapkan Objek yang ada di Flash Card secara berulang-ulang. Flash Card juga memperkaya kosa kata Lashira jadi mengetahui benda-benda disekitarnya. 

7. Read Aload

Yang ke 7 adalah aku menggunakan metode Read Aload untuk Lashira, setelah sukses membuat Lahsira menyukai buku aku lanjutkan dengan mulai membacakan buku dengan suara yang lantang. Metode Read Aload ini diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya 'The Read Aload Handbook". Aku mulai menerapkan Read ALoad dejak aku hamil Trisemester ke-3, aku ingin mengajarkan Lashira membaca sejak dini, ya sejak Lashira masih dalam kandungan. Aku membacakan buku-buku Nabi yang aku beli sejak aku hamil Lashira.

Dan sekarang aku bisa menggunakan metode Read Aload untuk membacakan dongeng, kisah Nabi, mempelajari angka dan huruf, warna dll Hasilnya benar-benar menakjubkan, Lashira sekarang cerewetnya bukan main. Dia tau banyak hal haha (kalau kalian teman instagram aku pasti tau betawa cerewetnya anak aku, karena sering aku posting hehe)

8. Mengajarkan Lashira Menjadi Anak yang Bahagia (Mengajak Bernyanyi, Berjoget, dan Memberikan Mainan-Mainan yang Merangsang Motoriknya.

Dan yang terakhir ini harus dan wajib banget aku lakukan, aku harus memastikan Lashira tumbuh dan hidup menjadi anak yang bahagia. Agar anak dapat menangkap semua metode yang para orang tua berikan, pastikan dulu bahwa anak itu dalam kondisi yang bahagia. Aku tidak selalu mengajarkan Lashira untuk belajar, tapi aku selalu membuat Bermain sambil Belajar, jadi awalnya bermain tapi aku selipkan pelajaran didalamnya. 

Misal aku ajak Lashira bernyanyi tetapi pasti sambil behitung atau smabil menyebutkan nama-nama benda. Aku ajak Lashira berjoget sambil menyebutkan bagian-bagian tubuhnya. Aku juga memberikan mainan yang merangsang motoriknya mulai dari mainan yang bersuara, maianan yang digenggam, maianan balok dll (mainan yang selalu aku sesuaikan untuk usianya)

Bernyanyi juga menjadikan Lashira anak yang cepat menghafal, dia bisa menghafal beberapa lagu pada usia 1 tahun 4 bulan. Kalian bisa lihat di postingan aku ini : https://www.instagram.com/p/B5blYu-BnNU/ 

Semoga tulisan aku dapat memberikan manfaat untuk para Moms, sekali lagi aku tidak ada maksud menggurui ataupun merasa paling benar. Setiap Moms punya cara terbaik untuk mendidik putra putrinya. Terimakasih untuk semua yang sudah mencintai dan menyayangi Lashira putri kecilku. Terimakasih untuk doa terbaiknya 💗

Comments

  1. MasyaAllah pinter lashira, bener banget doa merupakan kunci utama seorang ibu, selebihnya tinggal dibimbing yaa

    ReplyDelete
  2. Ah Lashira, semoga kelak selalu jadi anak yang bahagia dan solehah ya. Doa, stimulasi, dan nutrisi emang perpaduan yang mantap untuk mendampingi tumbang anak

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah lashira pintarnyaaa 🥰

    ReplyDelete
  4. Ma sha Allah dd lashira pintaaar banget kamu nak. Tumbuh jadi anak yg cerdas Dan sholehah ya sayang 🤗

    ReplyDelete

Post a Comment